Hotline +62 821 28 300 300

Artikel & Berita

Nyeri Leher Aksial (Axial Neck Pain/Mechanical Neck Pain)

Setiap tahun, 30-50% orang dewasa mengeluhkan nyeri leher dan kebanyakan orang akan mengalami nyeri leher setidaknya sekali dalam seumur hidup.

Nyeri leher aksial biasanya menimbulkan rasa sakit atau nyeri pada otot leher sisi belakang. Rasa sakit yang dirasakan terbatas di leher, belakang bahu, atau pangkal tengkorak, dan tidak mencapai lengan. Gejala lainnya yang mungkin terjadi seperti kekakuan, keterbatasan gerakan, nyeri kepala di bagian leher atau sekitar mata, rasa sakit di pundak. Nyeri diperparah oleh gerakan leher. Sekitar sepertiga kasus beralih dari rasa sakit akut ke kronis karena pengobatan konservatif yang tidak memadai.

Mengobati nyeri leher aksial akut adalah kunci untuk menghindari nyeri leher aksial kronik. Sebelum memulai pengobatan, perlu ditelusuri sumber nyerinya untuk memastikan tidak ada penyebab lain yang lebih serius seperti jepitan saraf. Pengobatan yang dilakukan meliputi penggunaan obat-obatan anti-inflamasi, pelemas otot, penggunaan collar neck, serta fisioterapi. Pengobatan lebih lanjut dapat dilakukan dengan block cabang medial dengan menggunakan steroid ataupun dengan menggunakan radiofrekuensi.