Hotline +62 821 28 300 300

Artikel & Berita

Percutaneus Endoscopic Lumbar Discectomy

Hampir semua orang pernah atau akan mengalami nyeri punggung bawah sepanjang hidupnya. Nyeri punggung bawah dapat terjadi karena berbagai hal, salah satunya terjadi karena iritasi atau penekanan saraf karena kerusakan diskus. Bila anda pernah mengalami nyeri punggung bawah, maka artikel ini mungkin cocok untuk anda.

Apa itu nyeri punggung bawah?
Nyeri punggung bawah adalah nyeri yang dirasakan punggung bagian bawah (lumbal). Nyeri ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari kelainan otot, tulang, diskus, kelainan saraf, atau kombinasi dari penyebab-penyebab ini. Selain nyeri pada punggung bawah, tidak jarang nyeri ini dirasakan menjalar hingga ke ujung jari kaki. Keluhan nyeri punggung dapat pula disertai dengan kesemutan atau baal (tidak berasa atau terasa lebih tebal) hingga ke ujung jari kaki. Bila anda mengalami keluhan diatas, makan dokter anda mungkin akan memintakan pemeriksaan magnetic resonance imaging (MRI) untuk melihat penyebab kelainan di punggung anda.



Apa yang dimaksud dengan diskus?
Diskus adalah bagian dari tulang punggung yang berfungsi untuk meredam kejutan, menyerupai sebuah shock breaker pada mesin mobil. Karena suatu hal, terutama karena proses penuaan, diskus ini menonjol atau keluar dari kantongnya. Penonjolan atau keluarnya diskus yang menekan saraf akan mengakibatkan gejala nyeri punggung bawah.



Apa yang dimaksud dengan Percutaneus Endoscopic Lumbar Discectomy?
Percutaneus Endoscopic Lumbar Discectomy atau yang sering disingkat PELD merupakan suatu teknik operasi tulang belakang untuk membuang diskus di daerah punggung bawah atau lumbal. Dengan teknik ini, pembuangan diskus (discectomy) di daerah punggung bawah (lumbar) dapat dilakukan dari luar kulit (percutaneus) dengan bantuan teropong (endoscopic).

Siapa yang perlu menjalani PELD?
Bila dokter anda mendiagnosa bahwa nyeri punggung bawah anda terjadi karena kelainan diskus, anda merupakan kandidat yang tepat untuk menjalani operasi PELD dan menikmati berbagai keuntungan yang ditawarkannya dibanding operasi konvensional untuk membuang diskus.

Apa keuntungan teknik PELD?
Teknik PELD memungkinkan operasi dilakukan dengan manipulasi otot dan saraf yang minimal sehingga kerusakan jaringan yang timbulkan sangat sedikit. Kehilangan darah yang ditimbulkan juga sangat sedikit. Untuk anda yang memiliki keadaan fisik yang tidak memungkinkan untuk dibius secara umum, pembiusan untuk operasi PELD dapat dilakukan secara lokal dengan bantuan obat penenang (sedasi). Pascaoperasi, waktu tirah baring yang dibutuhkan sangat minimal sehingga memungkinkan anda untuk keluar dari rumah sakit di hari yang sama pascaoperasi, dan dapat segera kembali berkumpul dengan keluarga atau kembali menjalankan aktivitas sehari-hari anda.

Bagaimana PELD dilakukan?
Untuk operasi PELD, pembiusan dapat dilakukan secara umum atau lokal tergantung permintaan anda, keadaan diskus, atau keinginan dokter bedah. Bicarakan teknik pembiusan ini dengan dokter bedah tulang anda untuk mendapatkan teknik pembiusan yang sesuai. Selama tindakan, anda akan berbaring tengkurap. Teropong kemudian dimasukkan melalui kulit dengan sayatan di kulit sekitar 7mm. Teropong ini memungkinan dokter melihat keadaan diskus anda melalui monitor yang disambungkan ke layar monitor, tanpa harus membuat sayatan besar di kulit. Melalui lubang yang sama pula dokter dapat memasukkan alat untuk membuang diskus.

Siapa yang dapat melakukan PELD?
PELD dapat dilakukan oleh dokter bedah tulang yang mengkhususkan diri pada tulang belakang yang sudah menjalani pelatihan khusus untuk tindakan PELD. Tanyakan kepada dokter anda mengenai kemampuannya untuk melakukan teknik operasi ini.